Rabu, 10 Agustus 2016

INDAHNYA PEMALANG DARI ATAS BUKIT SAMOAN



pemandangan dari atas puncak bukit samoan


Hooolllaaaaa!!! Sekarang aku bakal review tempat wisata mana lagi ya?
Berhubung ini masih liburan semester dan kebetulan aku ada di Pemalang, jadi aku bakal cerita tentang pengalaman mengunjungi puncak bukit Samoan yang ada di desa Siremeng, kecamatan Pulosari, Pemalang. Yap, Pulosari merupakan kecamatan paling selatan di Kabupaten Pemalang, dekat banget dengan gunung Slamet atau lebih tepatnya ada di kaki gunung tertinggi di Jawa Tengah itu.

Sudah pasti hawa sejuk dan suasana pegunungan serta hutan bakal mengiringi perjalanan menuju ke puncak bukit Samoan ya guys. Nah, tempat ini pasti bakalan cocok banget buat kalian yang ingin menenangkan diri setelah sekolah, kuliah maupun kerja dengan tugas yang begitu menumpuk. Oh iya, karena untuk menuju ke puncak kita harus hiking dan mendaki jadi ini sangat cocok buat kalian para muda-mudi yang masih strong untuk jalan ya, hehe. Jadi tidak cocok untuk liburan bersama keluarga. Ya kecuali kalau memang keluarga kalian hobi mendaki puncak atau gunung ya guys.

Puncak bukit Samoan dengan tinggi 1622 mdpl yang terletak di Pulosari jaraknya sekitar 49 km ke arah selatan dari pusat kota Pemalang. Untuk menuju kesana dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih satu jam perjalanan. Tenang aja guys, kalian gak bakal bosen kok dengan perjalanan yang lumayan lama itu. Kalian bakal ditemani dengan pemandangan indah khas Pemalang selatan, jadi gak bakal kerasa deh dan pasti menyenangkan.

Setelah sampai kota Moga tepatnya pertigaan SMPN 1 Moga, kalian bisa belok kiri menuju kebun teh Semugih yang sudah terkenal itu. Nah setelah itu kalian bisa mengikuti jalan menuju Pulosari pokoknya bakal ada petunjuk arah menuju bukit Samoan. Setelah SMPN 1 Pulosari kalian bisa jalan pelan-pelan nanti belok kiri menuju gang yang ada petunjuk arahnya. Kemudian kalian bisa ikuti jalannya saja, nanti bakalan nemuin tempat parkir sekalian pintu masuk menuju bukti Samoan.
 
tanjakan menuju puncak bukit samoan

perkebunan warga saat menuju ke puncak bukit samoan

Trus apa aja sih yang bisa kita nikmati dari puncak bukit Samoan? Yang pasti kalian bakal lihat pemandangan yang amat sangat menakjubkan dari ketinggian. Kalian bisa lihat puncak gunung Slamet dengan lebih dekat, pemandangan hampir seluruh kabupatan Pemalang dari ketinggian. Setelah sampai puncak pastinya kalian akan terkagum-kagum dengan keindahan Pemalang. Kalian juga bisa menikmati sunrise dan sunset tentunya dengan camping di bukit Samoan ya guys. Kalau malam hari kalian bakal bisa menikmati kelap-kelip lampu Pemalang, konon katanya juga bisa lihat jalanan Pantura saat malam hari yang dihiasi lampu-lampu. Tentunya semua itu akan terjadi jika kondisi cuaca bagus dan bersahabat ya.
 
pos 1 bisa digunakan untuk istirahat sejenak

pos 2 tidak ada gubuk tapi bisa untuk istirahat lagi setelah lelah jalan dari pos 1

Pastinya kalian gak bakalan nyesel deh bisa sampai puncak bukit Samoan. Oh iya, perjalanan ke puncak bukit bisa kalian tempuh selama kurang lebih 30-45 menit jika kalian jalan lumayan cepat dengan istirahat yang tidak terlalu lama ya. Kalau kalian lebih banyak istirahatnya daripada jalannya ya bisa sampai satu setengah jam perjalanan. Tentunya perjalanan menanjak bakal sering kalian temui ya, sekitar 99% merupakan tanjakan dan sisanya hanya sedikit bonus jalanan datar. Nah, sayang sekali nih karena aku pergi kesananya dadakan jadi gak sempat ngerasain camping jadi ga bisa ambil foto saat sunrise, sunset dan malam hari ya. Tapi jangan khawatir guys, pemandangan siang hari pun akan terlihat sangat indah dan menakjubkan.
 
puncak tertinggi di bukit samoan, konon itu adalah makam







Tips saat pergi ke puncak bukit Samoan:

  1. Kalau mau camping, pastinya kalian harus bawa perlatan camping ya seperti tenda dll.
  2. Pakailah sandal atau sepatu yang antislip agar tidak terpeleset. Sebab aku dan teman-teman sempat terpeleset jatuh saat turun dari puncak karena jalanan licin.
  3. Kalau perjalanan siang hari kalian bisa pakai baju lengan panjang dan topi untuk menghindari tersengatnya kulit dari panasnya sang matahari.
  4. Bawalah bekal makanan dan minuman ya guys, karena di puncak gak ada yang jualan. Mungkin kalau musim liburan dan rame baru ada yang jualan.
  5. Buanglah sampah pada tempatnya! Ini yang paling penting agar kondisi alam bukit Samoan yang indah bisa terus dinikmati oleh banyak orang. Kalian bisa bawa kembali sampah turun ya kalau di puncak ga ada tempat sampah.


HTM: Rp 2.500
Parkir: Rp 2.000

4 komentar:

  1. kalau siang jalanya biasa aja ya, tapi dulu pernah malem malem, hawanya mistis... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, makasih sudah berkunjung ke blogku, walaupun aku balesnya lama banget ya, haha. kelihatan sih kalau malam pasti bakalan mistis, haha

      Hapus
  2. Nomor kontak yang bisa dihubungi

    BalasHapus